-Perangkat SI - Sumber daya Informasi - Fungsi dan Peran Manajerial - Perbedaan SIM dan MIS
Oke pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi tentang :
- Perangkat SI
- Sumber daya Informasi
- Fungsi dan Peran Manajerial
- Perbedaan SIM dan MIS
yang pertama adalah perangkat SI.tentu saja perangkat-perangkat ini sudah sangat familiar kita dengar yaitu microsoft office jika di sofware dan beberapa aplikasi penunjang lainnya.jika di hardware adalah komputer,printer,dan teknologi lainnya yang diperlukan.berikut daftar lengkapnya.
HARDWARE : komputer, printer, dan teknologi jaringan
SOFTWARE : OPERATING SYSTEM : Windows, Linux, Novell Netware, dll
APLIKASI : Ms.Office, GL, Corel Draw, dll
UTILITY : anti virus, Norton Utility, Disk Doctor, dll.
BAHASA PEMROGRAMAN : V.Foxpro, C++, Pascal, dll.
BRAINWARE : CLERICAL PERSONNEL
FIRST LEVEL MANAGER
STAFF SPECIALIST
MANAGEMENT
DATA : dokumen bukti transaksi, nota, kuitansi, dsb.
PROSEDUR : Manual book, prosedur sistem pengendalian intern.
Sumber Daya Informasi
Sumberdaya informasi tidak hanya sekedar data dan informasi, melainkan mencakup pula perangkat keras, peripheral, perangkat lunak, para spesialis informasi, dan para pemakai informasi.
Ketika manajer menyadari bahwa informasi sebagai suatu sumberdaya strategis, mereka menetapkan berbagai kebijakan untuk menerapkan sumberdaya tersebut secara strategis dan menindaklanjutinya. Sehingga akan memberikan keyakinan bahwa kebijakan tersebut dijalankan. Aktivitas tersebut dinamakan dengan manajemen sumberdaya informasi
Adapun jenis-jenis sumberdaya informasi, yaitu :
dibagi atas tiga bagian penting yaitu :
1.INTERPERSONAL ROLES
Figurehead, manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti
mendampingi perjabat yang berkunjung meninjau fasilitas
Leader, manajer memelihara unit dengan memperkerjakan dan melatih
staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
Liaison, manajer menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit
manajer tersebut – rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan
tujuan menyelesaikan masalah bisnis.
2.INFORMATIONAL ROLES
Monitor, manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit.
Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.
Disseminator, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
oranglain didalam unitnya.
Spokeperson, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
orang-orang diluar unit-pimpinan dan orang-orang dilingkungannya
3.PERAN KEPUTUSAN
Enterpreneur, manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit
seperti mengubah struktur organisasi.
Disturbance handler, manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak terduga, seperti
devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
Resource Allocator, manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unti
bawahannya mana yang mendapatkan sumber daya.
Negotiator, manajer menengahi perselisihan baik didalam unitnya maupun antar unit
dilingkungannya.
Funsi managerial menurut Henry Fayol
Planning atau perencanaan sebagai fungsi manajemen yang pertama karena fungsi ini dianggap memiliki peran yang signifikan. Perencanaan diperlukan untuk mengatur dan mengevaluasi tindakan berikutnya.
Pengorganisasian merupakan Cara pada pembuatan struktur organisasi yang cocok dengan sasaran organisasi, sumber daya-sumber daya yang dipunyai, dan lingkungan sekelilingnya.
Staffing dilakukan untuk memberi arahan kepada semua pekerja supaya mau bekerja sama dan bekerja efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.
Actuating menurut pandangan Henry Fayol merupakan salah satu fungsi manajemen yang menjaga supaya kegiatan organisasi tetap tersinergi dan bekerja sama dengan baik. Komunikasi sangat diperlukan dalam proses koordinasi antar lini dalam organisasi baik komunikasi formal maupun informal dalam organisasi.
Controlling kejadian yang kerap muncul dalam setaiap perusahaan ialah tugas yang belum terselesaikan dengan baik, tidak sesuai dengan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas, perencanan dana yang melebihi standard, dan berbagai aktivitas lain yang tidak sesuai rencana.
Sumber lain : https://zhes.wordpress.com/2009/11/10/jenis-jenis-sumber-daya-informasi-4/
https://jurnalmanajemen.com/fungsi-manajemen-menurut-henry-fayol/
https://nuralamlanafie.wordpress.com/2012/05/13/kerancuan-manajemen-sistem-informasi-dan-sistem-informasi-manajemen/
- Perangkat SI
- Sumber daya Informasi
- Fungsi dan Peran Manajerial
- Perbedaan SIM dan MIS
yang pertama adalah perangkat SI.tentu saja perangkat-perangkat ini sudah sangat familiar kita dengar yaitu microsoft office jika di sofware dan beberapa aplikasi penunjang lainnya.jika di hardware adalah komputer,printer,dan teknologi lainnya yang diperlukan.berikut daftar lengkapnya.
HARDWARE : komputer, printer, dan teknologi jaringan
SOFTWARE : OPERATING SYSTEM : Windows, Linux, Novell Netware, dll
APLIKASI : Ms.Office, GL, Corel Draw, dll
UTILITY : anti virus, Norton Utility, Disk Doctor, dll.
BAHASA PEMROGRAMAN : V.Foxpro, C++, Pascal, dll.
BRAINWARE : CLERICAL PERSONNEL
FIRST LEVEL MANAGER
STAFF SPECIALIST
MANAGEMENT
DATA : dokumen bukti transaksi, nota, kuitansi, dsb.
PROSEDUR : Manual book, prosedur sistem pengendalian intern.
Sumber Daya Informasi
Sumberdaya informasi tidak hanya sekedar data dan informasi, melainkan mencakup pula perangkat keras, peripheral, perangkat lunak, para spesialis informasi, dan para pemakai informasi.
Ketika manajer menyadari bahwa informasi sebagai suatu sumberdaya strategis, mereka menetapkan berbagai kebijakan untuk menerapkan sumberdaya tersebut secara strategis dan menindaklanjutinya. Sehingga akan memberikan keyakinan bahwa kebijakan tersebut dijalankan. Aktivitas tersebut dinamakan dengan manajemen sumberdaya informasi
Adapun jenis-jenis sumberdaya informasi, yaitu :
- Perangkat keras komputer (Hardware)
- Perangkat lunak komputer (Software)
- Spesialis informasi
- Pemakai
- Fasilitas
- Database, dan
- Informasi
dibagi atas tiga bagian penting yaitu :
1.INTERPERSONAL ROLES
Figurehead, manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti
mendampingi perjabat yang berkunjung meninjau fasilitas
Leader, manajer memelihara unit dengan memperkerjakan dan melatih
staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
Liaison, manajer menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit
manajer tersebut – rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan
tujuan menyelesaikan masalah bisnis.
2.INFORMATIONAL ROLES
Monitor, manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit.
Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.
Disseminator, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
oranglain didalam unitnya.
Spokeperson, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
orang-orang diluar unit-pimpinan dan orang-orang dilingkungannya
3.PERAN KEPUTUSAN
Enterpreneur, manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit
seperti mengubah struktur organisasi.
Disturbance handler, manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak terduga, seperti
devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
Resource Allocator, manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unti
bawahannya mana yang mendapatkan sumber daya.
Negotiator, manajer menengahi perselisihan baik didalam unitnya maupun antar unit
dilingkungannya.
Funsi managerial menurut Henry Fayol
Planning atau perencanaan sebagai fungsi manajemen yang pertama karena fungsi ini dianggap memiliki peran yang signifikan. Perencanaan diperlukan untuk mengatur dan mengevaluasi tindakan berikutnya.
Pengorganisasian merupakan Cara pada pembuatan struktur organisasi yang cocok dengan sasaran organisasi, sumber daya-sumber daya yang dipunyai, dan lingkungan sekelilingnya.
Staffing dilakukan untuk memberi arahan kepada semua pekerja supaya mau bekerja sama dan bekerja efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.
Actuating menurut pandangan Henry Fayol merupakan salah satu fungsi manajemen yang menjaga supaya kegiatan organisasi tetap tersinergi dan bekerja sama dengan baik. Komunikasi sangat diperlukan dalam proses koordinasi antar lini dalam organisasi baik komunikasi formal maupun informal dalam organisasi.
Controlling kejadian yang kerap muncul dalam setaiap perusahaan ialah tugas yang belum terselesaikan dengan baik, tidak sesuai dengan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas, perencanan dana yang melebihi standard, dan berbagai aktivitas lain yang tidak sesuai rencana.
Perbedaan SIM dan MSI
Manajemen Sistem Informasi (MSI) lebih menekankan pada cara pengelolaan system informasi dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen agar dapat menghasilkan informasi yang akurat dan cepat sementara Sistem Informasi Manajemen (SIM) lebih menekankan pada penerapan system untuk menghasilkan informasi bagi kebutuhan pihak manajemen pada semua tingkatan agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
Sumber lain : https://zhes.wordpress.com/2009/11/10/jenis-jenis-sumber-daya-informasi-4/
https://jurnalmanajemen.com/fungsi-manajemen-menurut-henry-fayol/
https://nuralamlanafie.wordpress.com/2012/05/13/kerancuan-manajemen-sistem-informasi-dan-sistem-informasi-manajemen/
Komentar
Posting Komentar