Unified Modelling Language
Unified Modeling Language (UML)
adalah sebuah bahasa sederhana yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan /
aturanpenulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem.UML adalah sebuah bahasa standar untuk pengembangan software yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model,tetapi tidak menyampaikan apa dan kapan model yang seharusnya dibuat.Secara mudahnya UML adalah sebuah metode untuk memodelkan proyek yang akan dikerjakan sehingga nantinya memudahkan pengerjaan dan tepat sasaran
Perkembangan UML
era tahun 1990 terdapat puluhan metodologipemodelan berorientasi objek bermunculan didunia.Diantaranya adalah: metodologi booch, metodologi coad,metodologi OOSE, metodologi OMT, metodologi shlaer-mellor, metodologi wirfs-brock, dsb.Masa itu terkenal dengan masa perang metodologi(method war )dalam perancangan berorientasi objek.Masing-masing metodologi membawa notasi sendiri-sendiri, yang mengakibatkan timbul masalah baru apabilakita bekerjasama dengan group/perusahaan lain yangmenggunakan metodologi yang berlainan.Hingga tahun 1997 UML versi 1.1 muncul, dan saat ini versiterbaru adalah versi 2.0 yang direlease tahun 2005. Sejak saat itulah UML telah menjelma menjadi standar Bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi objek.
Konsep UML
Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikannotasi dan syntax /semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkanberbagai diagram piranti lunak.
Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari 3notasi
yang telah ada sebelumnya: Grady Booch OOD(Object-Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (ObjectModelling Technique), dan Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering).
Building Block
Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep
darisebuah bahasa model, dan mempelajari 3 elemen utama
dariUML, seperti building block , aturan-aturan yang
menyatakanbagaimana building block diletakkan secara bersamaan,
danbeberapa mekanisme umum (common).
Tiga macam yang terdapat dalam building block adalah
-Benda/Things; adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model
-Hubungan/Relationships; sebagai alat komunikasi dari benda-benda
-Bagan/Diagrams; sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things.
Diagram di UML
Diagram menggambarkan permasalahan maupun solusi
dari permasalahan suatu model.
UML mempunyai 9 diagram, yaitu:
-Diagram Use Case
-Diagram Class
-Diagram Package
-Diagram Sequence
-Diagram Collaboration
-Diagram StateChart
-Diagram Activity
-Diagram Deployment
Mengapa sebelum membuat proyek kita harus memakai UML
Pada masa lalu, UML mempunyai peranan sebagaisoftware blueprint (gambaran) language untuk analisissistem, designer, dan programmer.Sedangkan pada saatini, merupakan bagian dari software trade (bisnis software).
UML memberikan jalur komunikasi dari sistem analis kemudian designer, lalu programmer mengenai rancangan software yang akan dikerjakan
Salah satu pemecahan masalah Object Oriented adalah dengan menggunakanUML. Oleh karena itu orang-orang yang berminat dalam mempelajari UMLharus mengetahui dasar-dasar mengenai Object Oriented Solving; antara laindengan pembentukan model.
Model adalah gambaran abstrak dari suatu dasar masalah. Dan dunia nyataatau
tempat dimana masalah itu timbul bisa disebut dengan domain.
Model mengandung obyek-obyek yang beraktifitas dengan
saling mengirimkanmessages (pesan-pesan). Obyek mempunyai sesuatu yang
diketahui(atribut /attributes) dan sesuatu yang dilakukan (behaviors atau
operations). Attributes hanya berlaku dalam ruang lingkup obyek itu sendiri
(state). Lalu“blue print” dari suatu obyek adalah Classes (kelas). Obyek
merupakan bagian-bagian dari kelas.
Semoga Bermanfaat....
Komentar
Posting Komentar